31 Agustus 2009

Gw emang kaya begini ???? (explicit content)

Gw heran, kenapa masih aja ada orang yang selalu merasionalisasikan dirinya ketika berbuat kesalahan sama dan berulang-ulang. “hmmm.. sori yaah, gw minta maaf karena gw udah buat salah. Tapi mo gimana lagi, gw emang aslinya kaya gini, gw emang orangnya kaya gini”. Perkataan kaya gini ni yang seolah-seolah ngasi tau kalo dia menyerah kepada keadaan. Emang dia punya kebiasaan buruk. Tapi kalo dia lantas mengatakan bahwa kebiasaan buruk itu adalah sebagian atau seluruh dari keasliannya dia, alasan ini sama sekali gak bisa dipertanggungjawabkan. hal ini sama seperti ketika kita punya motor bekas yang sering ngadat. Teman kita sering protes karena itu kita sering terlambat. Tapi alasan kita, 'yaah mo gimana lagi, ini kan motor bekas, businya aja udah item gitu..." pleaseee doong,, yaa, dibenerin dong motornyaaa..... Ekstremnya, alasan kaya gitu bisa jadi alasan orang untuk berbuat salah/kejahatan terhadap sesamanya. “eh, sori ya gw suka geplak kepala lo, gw emang orangnya kaya gini...” Bullshit!!!

Padahal, setiap orang itu diciptakan baik, sesuai keaslian pada awal manusia diciptakan. Tapi, sering perjalanan waktu, keaslian seseorang tereduksi oleh pelbagai macam hal di luar dirinya. Apalagi, dalam diri setiap orang ada kecenderungan untuk berbuat dosa. Perbuatan yang kita lakukan, salah maupun benar semuanya adalah keputusan. Keputusan dibuat atas dasar diri sendiri, bukan atas dasar orang lain. Jadi, kalo seseorang melakukan kesalahan yang sama, selalu, berulang-ulang, itu sama aja dengan orang bego!! Yang selalu jatoh ke lubang yang sama. Gak mampu belajar dari kesalahan yang dia alami sebelumnya. Kalo mau berubah ke arah yang lebih baik, rubahlah, buatlah keputusan. Intensio Recta, lakukan apa yang ingin dilakukan sejauh itu mendukung intensi kita untuk berubah ke arah yang lebih baik. Latian dikit demi sedikit, supaya kita punya kehendak yang kuat untuk bisa mengalahkan kecenderungan rasionalisasi kaya di atas. Sehingga nantinya, kita gak lagi ngomong, “sori yah, gw emang kaya gini..”. Tapi, “maaf gw udah buat salah, gw emang sering gak sadar ngelakuinnya, tapi gw janji mau berubah. Tolong bantu gw ya..”



HIDUPLAH BUKAN DENGAN APA ADANYA.... TAPI HIDUPLAH SEBAGAIMANA SEHARUSNYA HIDUP ITU DIHIDUPI... BLESS U ALL ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar