16 Maret 2010

Jangan lalai olahraga, dengan alasan apapun!!!!

Guys, gw baru aja mengalami sakit yang aneh. Hampir saja gw mengira kalo gw ini kena asam urat. Hehehe. Selama seminggu sebelum gw nulis blog ini, di daerah Kentungan, Jogja mengalami perubahan cuaca. Tiap sore pasti hujan. Padahal sebelumnya selalu cerah. Dalam kondisi cerah itu, setiap sore hari gw sempatkan untuk olahraga. Entah futsal, joging atau sepedaan. Yang jelas gw harus mengeluarkan keringat. Itu dulu. Tetapi, ketika mulai hujan lagi, terpaksa gw ngedekem di kamar aja. Karena hujan, gw gak bisa sepedaan atau maen futsal. Jadi, waktu untuk olahraga itu gw ganti dengan melakukan hal lain. Tidur lagi, nyuci atau online di kampus.

Jumat, 12 Maret 2010
Sore hari, gw mulai merasakan hal yang aneh dalam diri gw. Saat bertugas menyapu halaman gw ngerasa tubuh ini kok kaku banget. Ada yang gak enak sama badan gw, serasa ada orang yang glendot di punggung gw. Beraaaat. Setelah nyapu, masih ada waktu kosong. Gw pakai waktu itu untuk maen futsal. Kali ini tambah aneh lagi. Saat ngangkat bola atau lari jauh gw ngerasa seluruh bagian kaki (paha dan betis) seperti tersengat setrum, ngilu. Waduuuh... ada apaan nih. Gw pikir, mungkin karena kurang gerak. Jadi, gw terusin maen futsalnya. Dan malam harinya gw tidur seperti biasa beralaskan papan triplek.

Sabtu, 13 Maret 2010
pagi buta, gw bangun!!! Mulai dari pantat sampai ke ujung kaki gw merasakan sakit yang amat sangat. Gw langsung inget kalo masih ada koyo cabe. Maka, dalam kondisi gelap2 seperti itu, gw pasang 2 koyo di pantat kiri dan kanan, 2 koyo di paha belakang kiri dan kanan. Gw berharap untuk tidur lagi, tapi ternyata gak bisa sama sekali!!! Walhasil, gw hanya tidur2an saja sampai bangun pagi itu. Semua acara, termasuk ketemu Rm. Prier, SJ untuk membahas seminar tentang mazmur terpaksa gw cancel. Bahkan untuk menelpon Rm. Prier, SJ gw harus berjalan ke ruang piket depan, dan itu sakitnya minta ampun. Ketika gw cerita kepada temen-temen lain tentang apa yang gw alami, mereka langsung vonis, “Wah, do, lo kena asam urat tuh!!” What????!!! Asam urat? Emang gw makan apaan ampe bisa asam urat? Kayanya gw gak pernah makan aneh2 dah?!!! Adanya terong gw makan, adanya cuma tempe ya gw makan. Ritme hidup gw terjaga kok!!!... Sialnya, betapapun gw menolak vonis itu, mereka tetap mencari hal-hal yang bisa membenarkan kalo gw kena asam urat. Tapi tetap gw gak percaya!!! Asumsi pertama yang muncul dalam pikiran gw adalah karena gw tidur pake triplek. Maka siangnya, gw ambil kasur dari gudang lalu gw pakai untuk tidur. Gw kira, dengan tidur siang di atas kasur bisa meredam rasa sakit pantat dan kaki gw ini. Ternyata tidak!! Sakitnya tetap terus merajalela!!!.. Beruntung hari ini rekoleksi, jadi gw bisa tidur lebih awal. Selesai sesi 1, 21.30 WIB gw langsung tergeletak tidur, sambil sesekali meringis menahan sakit.

Minggu, 14 Maret 2010
Pagi buta!!, kira2 jam 3 pagi. Yes!! Akhirnya sakit di pantat gw ilang.. Tetapi, ketika gw mulai ngulet, alamaaak!! Sekarang punggung kanan gw yang nyeri. Kali ini bener2 nyeri, ngilu, sakit, pegel, semuanya jadi satu. Untung masih ada persediaan koyo. Gw tempel tu koyo di tempat yang sakit sambil bergelap-gelapan. Dan lagi-lagi, usaha gw untuk kembali tidur sirna karena sakit yang gak bisa gw tangani ini. Pagi hari, acara sedikit longgar. Ibadat pagi diatur sendiri-sendiri. Gw jalan ke luar kamar untuk mandi jam 06.00 WIB dengan koyo yang masih nempel di punggung. Gw mandi. Dan gw mulai ngerasa, sepertinya gw masuk angin. Dari gw kecil, obat satu-satunya untuk masuk angin cuma satu, yaitu tato garis merah a.k.a kerokan!! Maka, tanpa pikir panjang, setelah mandi, gw muter nyari balsem plus duit logam 500 perak. Edvra akhirnya ngasih gw balpirik. Langsunglah gw minta tolong kang Heri buat kerokin gw. Dan mulailah proses pembuatan tato itu... Ketika mulai mengerok bagian punggung gw yang sakit, tato garis merah itu segera terbentuk. Merah, bahkan sangat merah dibandingkan bagian yang lain. Brarti emang bener nih, gw masuk angin, dan sudah akut. Setelah kerokan selesai, gw tetap ikut acara rekoleksi seperti biasa. Sesi pagi hari ikut cuma sebentar karena gw gak kuat. Jadi gw milih untuk keluar ruangan dan balik ke kamar untuk tidur. Pada saat misa penutup pun sakitnya belom ilang. Salah satu teman yang memperhatikan gw dari deretan belakang bilang, “do, tadi kamu misa kaya cacing kepanasan gitu, gerak2 terus”. Ya iyalah!!! Itu bergerak karena nahan sakit. Bahkan untuk membuat tanda salib butuh perjuangan ekstra. Hari ini gw lalui dengan cepat, sama seperti kmarin. Maunya cepet2 tidur. Malemnya, sakit di punggung itu menjalar ke depan, ke bagian dada. Langsung gw hajar sendiri deh tu pake uang logam 500. Maaaknyus rasanya ^^

Senin, 15 Maret 2010
Bangun pagi normal, pukul 4.45 pagi. Nyeri punggung masih kerasa. Saat misa gw berpikir untuk pergi ke tukang urut. Tapi gw gak tau tempat tukang urut yang jos. Maka, setelah misa gw tanya-tanya ama temen2 lain kira2 tau gak tempat urut yang enak dan murah. Eh ternyata, mereka malah menyarankan untuk minta tolong diurut sama salah satu karyawan seminari. Ternyata beliau ini sudah jadi tmpat fr2 dan romo2 yang mempunyai masalah pada otot. Gw pun langsung mencari beliau untuk janjian. Beliau bisa untuk membantu malam ini, karena kebetulan juga tugas piket malam. Kami janjian pukul 20.30 WIB.
Hari ini gw sama sekali gak kuliah. Gw cuma butuh istirahat, karena bergerak pun susah. Apalagi nyeri di punggung ini yang benar2 menyita perhatian. Beberapa kali temen2 fr yang lain ngeledekin gw. Ada yang bilang, “orang tua”, “kolesterol”, “kakek” dsb. Padahal gw kan masih umur 19 taun, ga mungkin kena asam urat. Hahahaha, dusta gak ketulungan!! ^^

20.45 WIB.
Akhirnya gw bisa ketemu sama bapak itu. Gw menjelaskan soal gejala-gejala penyakit gw ini. Beliau langsung memvonis dengan tegas, “Frater masuk angin”. Huffffth... bener kan, ternyata emang cuma kena masuk angin. Trus gw disuruh tengkurap, dan mulailah beliau menggerayangi badan gw, mulai dari kaki, pantat, punggung, ampe lengan. Bah, bener2 sakit. Gw cuma bisa teriak-teriak kalo bapak ini neken bagian-bagian yang bikin gw sakit. Tak berapa lama dia ngomong, “wah, frater, ini anginnya masuk dari kaki, trus naik sampai ke punggung”. Gw membatin, kok bisa dari kaki? Aaaaah,,.. gw inget mungkin karena hari jumat siang itu, pas gw tidur siang kipas angin di kamar gw arahin ke kaki. Makanya yang ngilu pertama kali itu kaki gw. Oooohhh, I see, I see ^^. Lalu selama urut itu, gw coba tanya2 soal sebab musabab knapa gw masuk angin.. Ternyata penyebabnya adalah persis seperti yang gw tulis pada awal blog ini. Yaak!! Karena gw lalai untuk olah raga. Otot gw yang terbiasa rutin bergerak tiba-tiba diam untuk jangka waktu yang lama. Akibatnya angin yang masuk tetap tertinggal di otot dan mengkristal. Kristal itulah yang menyebabkan otot “beku” dan mengakibatkan ngilu kalau digerakkan. Padahal jika tetap setia untuk olah raga, angin2 itu dikeluarkan lewat keringat sebelum mengkristal dan membekukan otot2. Plus, beliau juga menyarankan kalo mau olahraga lebih baik mandi dulu. Ini berguna untuk membersihkan kulit, supaya pas olahraga keringat lebih mudah untuk keluar. Jangan mandi saat berkeringat, karena hanya akan membuat otot kaku nantinya. Biarkan keringat hilang secara alami terlebih dahulu sebelum mandi.

Pengalaman ini membuat gw belajar banyak. Manusia memiliki hak dan kewajiban untuk menjaga kesehatannya sendiri!! Makanya, jangan lalai untuk olahraga, apapun alasannya!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar